open-recruitment-persma-universitas-asahan

Mahasiswa KKN UNA Turun ke Lahan Pertanian Warga

Dibaca 0 kali

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Asahan melakukan kunjungan ke lahan pertanian milik warga pada Selasa (30/3/2021). Kedatangan mahasiswa tersebut didampingi langsung oleh Kepala Dusun 9 Desa Silo Lama Bapak Leo Martin Manik.

Pagi hari tepat pukul 09.00 Wib, Mahasiswa KKN UNA melihat langsung petani yang sedang melakukan penanam cabai dan kacang hijau, cuaca yang mulai panas pun tak menurunkan semangat para petani untuk mencangkul dan menggemburkan tanah.

Kemudian para mahasiswa KKN pun menghampiri beberapa petani yang sedang mencangkul, dan bercerita permasalahan yang dihadapi beberapa petani yang ada dilahan sekitar.

Mahasiswa KKN pun memperkenalkan diri kepada beberapa petani, kenapa berada didesa ini dan dalam kegiatan apa. Sangat baik respon dari warga yang mengetahuinya.

Tanya seorang bapak lanjut usia, sebut saja oppung manik yang sedang menyiapkan lahan untuk penanaman cabai "apalah dibuat pupuk untuk membantu menggemburkan tanah ini, Uda capek kali kurasa yang mencangkul tanah ini"

"Oppung buat lah pupuk organik atau pupuk kompos diatas tanahnya itu, karena nanti bakteri dan cacing yang ada pupuk itu yang membantu menggemburkan tanahnya" sebut ketua kelompok, Yudha Saragih

Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan para petani kepada mahasiswa KKN UNA. Baik dari petani cabai dan kacang hijau.

Mahasiswa KKN UNA pun ikut membantu salah seorang petani kacang hijau yang sedang menanam Sambil bersenda gurau dengan petani dibawah teriknya matahari.

Petani-petani tersebut pun sangat senang dengan kedatangan mahasiswa KKN UNA yang langsung turun kelahan pertanian. Dengan begitu petani bisa konsultasi dan bertukar ilmu bercocok tanam dengan mahasiswa.



Artikel ini ditulis oleh:
Yudha Saragih (yudhasaragih458@gmail.com)
Asal Fakultas: Fakultas pertanian
Alamat: Jl.Besar BP Mandoge
Seluruh isi konten artikel di atas merupakan tanggung jawab penuh penulis.
Kamu bisa mengirimkan artikel untuk dimuat di situs Pers Mahasiswa Grahita melalui halaman Kirim Artikel.
Jangan lupa tekan tombol laik en share ya gaes. SHARE:

Baca Juga