open-recruitment-persma-universitas-asahan

Hari Kelima Galang Dana, Mapala Pro Justicia Nyaris Kumpulkan Rp. 4 Juta dari Pengendara

Dibaca 0 kali

Hari Kelima Galang Dana, Mapala Pro Justicia Nyaris Kumpulkan 4 Juta
Persma Grahita - Bencana yang terjadi di beberapa provinsi di Indonesia menarik empati dan rasa solidaritas banyak pihak. Termasuk salah satunya Mahasiswa Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup (Mapala) Pro Justicia Fakultas Hukum Universitas Asahan.

Kelompok Mahasiswa yang dikenal hobi camping ini turut menggelar aksi solidaritas penggalangan dana untuk membantu korban bencana alam yang diketahui masih membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup di pengungsian.

Aksi solidaritas itu dilakukan Mapala Pro Justicia selama lima hari berturut yang dimulai pada Senin (18/01/2021) hingga Jumat (22/01/2021).

Dengan mengenakan atribut khas Mapala, sejumlah anggota Mapala Pro Justicia berhasil menghimpun dana solidaritas sebesar Rp. 3.900.500 (tiga juta sembilan ratus ribu lima ratus rupiah) dari pengguna jalan yang melintas di Simpang Katarina Kisaran. Hal itu dikatakan Ketua Umum Mapala Pro Justicia Raja Dame di lokasi penggalangan dana pada Jumat (22/01/2021) sore.

Hari Kelima Galang Dana, Mapala Pro Justicia Nyaris Kumpulkan 4 Juta

"Kami atas nama Mapala Pro Justicia mengucapkan mohon maaf bila mengganggu pengguna jalan, dan terima kasih atas donasi dari seluruh pengguna jalan. Seluruh dana yang terhimpun dari hari pertama hingga sekarang mencapai tiga juta sembilan ratus ribu lima ratus rupiah", ujar Raja Dame di titik penggalangan dana di Simpang Katarina Kisaran.

Sebelumnya, pada Senin (06/01/2019) tahun lalu, Mapala Pro Justicia bersama Mapala Se Asahan berhasil menghimpun dana sebesar Rp. 20.415.000 (dua puluh juta empat ratus lima belas ribu rupiah) dalam aksi solidaritas korban Tsunami Lampung. Ketika itu seluruh dana disalurkan langsung kepada warga yang terdampak dengan mengirimkan sejumlah delegasi.

Berbeda dengan aksi sebelumnya, lanjut Raja, penyaluran dana solidaritas kali ini akan disalurkan melalui transfer ke rekening relawan tanggap bencana di lokasi tujuan.

Hari Kelima Galang Dana, Mapala Pro Justicia Nyaris Kumpulkan 4 Juta

Kegiatan aksi solidaritas ini, menurut Raja, merupakan kegiatan spontanitas yang berasal dari rasa empati seluruh Anggota Mapala Pro Justicia terhadap korban bencana alam. Juga sebagai momentum mensosialisasikan untuk menjaga lingkungan.

Meski begitu, masih kata Raja, aksi sosial seperti penggalangan dana merupakan kegiatan rutin yang terus dilakukan Mapala Pro Justicia sejak pertama kali didirikan pada 2016 lalu.

"Spontanitas saja. Anak-anak semua tergerak hatinya mau bantu, ya kita langusng turun", tutup Raja.

"Kalau ada bencana, pasti langsung ngajak aksi. Aksi solidaritas seperti ini rutin kita lakukan sejak didirikan sejak tahun 2016. Udah macam budaya kita lah", tutup Raja. (PM01)

Jangan lupa tekan tombol laik en share ya gaes. SHARE:

Baca Juga