open-recruitment-persma-universitas-asahan

TKW Di Malaysia Dibunuh, Serikat Buruh Minta Pemda Fasilitasi Pemulangan Jenazah

Dibaca 0 kali
TKW Di Malaysia Dibunuh, Serikat Buruh Minta Pemda Fasilitasi Pemulangan Jenazah
Persma Grahita - Publik jagat maya dihebohkan dengan video yang viral akhir-akhir ini. Dalam video tersebut tampak seorang perempuan menangis meratap di sebuah rumah. Belakangan diketahui ia meratapi saudaranya yang tewas mengenaskan di kamar rumah tersebut.

Ialah KHS (20), TKW asal Asahan, Sumatera Utara yang bekerja di Sarawak, Malaysia ditemukan tewas di rumahnya di Perumahan Serawak, Klang, Malaysia pada Rabu (23/12/2020).

Dikutip dari berbagai sumber, bahwa KHS menjadi korban perampokan, pemerkosaan, dan pembunuhan. Ketua Polisi Daerah Klang Selatan, Asisten Komisioner Shamsur Amar Ramli mengatakan bahwa kepolisian setempat menerima laporan penemuan mayat seorang wanita dari kerabat korban pada pukul 14.05 waktu setempat.

Saat ditemukan, korban sudah dalam kondisi setengah telanjang dengan bekas luka tikaman benda tajam di leher.

"Pemeriksaan hasil autopsi pada badan korban didapati bekas tikaman di bagian leher sebelah kiri,” ujar Shamsul Amar.

Dari hasil otopsi, ditemukan bahwa korban juga mengalami tindak kekerasan seksual. Hal itu dibuktikan dengan adanya bekas sperma di sekitar kemaluan korban.

Mengetahui hal tersebut, Sekretaris Federasi TNP (K)SBSI Asahan Rahmad Syambudi meminta Pemerintah untuk serius dalam program perlindungan TKI.

"Turut berduka. Kasus ini jadi catatan bagi Pemerintah, BP2MI, dan Pemda untuk lebih serius dalam program pelatihan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia sebelum dan sesudah penempatan Tenaga Kerja", tegas Rahmad Syambudi.

Rahmad juga meminta Pemprov Sumut dan Pemkab Asahan membantu pemulangan jenazah KHS ke kampung halamannya.

"Kita minta Pemprov Sumut dan Pemkab Asahan proaktif untuk memfasilitasi pemulangan jenazah korban", tutup Rahmad. (PM01)
Jangan lupa tekan tombol laik en share ya gaes. SHARE:

Baca Juga