open-recruitment-persma-universitas-asahan

Sosialisasi Budidaya Pisang Hasil Kultur Jaringan FP UNA di Desa Rahuning Induk

Dibaca 0 kali
Persma Grahita - Dosen Fakultas Pertanian Universitas Asahan (FP UNA) Rita Mawarni CH dan Deddy Wahyudin, SP. M.Si. bersama Mahasiswa KKN UNA Kec. Rahuning melakukan kegiatan sosialisasi pertanian di Desa Rahuning Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan pada Jumat (28/02/2020).

Kegiatan itu bertajuk Sosialisasi Adaptasi Budidaya Pisang Barangan. Dihadiri Camat Rahuning Syahputra, S.E., M.M., Kepala Desa Rahuning Induk Mahyunan Panjaitan, SE, dan Kepala Dusun Se Desa Rahuning Induk serta masyarakat setempat.

Sosialisasi sekaligus pemberian Bibit Pisang Barangan yang merupakan hasil kultur jaringan Fakultas Pertanian Universitas Asahan (FP UNA) ini diharapkan dapat menambah komoditas pertanian bila berhasil diadaptasi.

"Semoga pisang barangan hasil kultur jaringan dari dosen FP UNA berhasil diadaptasi di Rahuning dan memperoleh hasil seperti yang diharapkan", kata Kades Rahuning Induk Mahyunan Panjaitan.


Senada dengan Kades Rahuning, Camat Rahuning Syahputra S.E., M.M. juga berharap Bibit Pisang Barangan tersebut dapat memberi manfaat secara ekonomi bagi warga dan manfaat lingkungan di Desa Rahuning. Ia juga terbuka bila desa yang memiliki komoditas utama umbi-umbian ini dijadikan desa percotohan adaptasi tanaman kultur jaringan.

"Semoga bibit yang ditanam dapat memberi manfaat lingkungan dan ekonomis bagi warga Rahuning secara khusus dan Asahan secara luas. Bila berhasil, bisa saja jadi desa percontohan ", terang Camat Rahuning Syahputra.

Lebih lanjut ketika ditanyai terkait kegiatan Sosialisasi dan Pemberian Bibit Pisang Barangan oleh Mahasiswa KKN UNA, Ketua Kuliah Kerja Nyata Tematik dan Terpadu (KKN TT) UNA 2020 Ir. Ansoruddin, M.P. yang juga dikenal sebagai ahli Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) ini mengucapkan terima kasih serta berharap agar adaptasi tanaman tersebut berhasil sehingga dapat memperoleh manfaat ekonomi bagi masyarakat.  (PM46)
Jangan lupa tekan tombol laik en share ya gaes. SHARE:

Baca Juga