open-recruitment-persma-universitas-asahan

Masuk Organisasi. Pentingkah?

Dibaca 0 kali
Banyaknya perkumpulan di berbagai kampus hingga hampir di setiap saat
selalunya ada ajakan berorganisasi, keluar dari ranah kampus itu pun ada.

Apa sih organisasi itu? Kenapa begitu nyaring dan banyak orang menghabiskan waktunya untuk sebuah organisasi? 

Banyaknya warna, banyaknya bendera dalam seputaran kampus, kadang membuat MABA bingung tersendiri, haruskah saya masuk disalah satu itu? Dan ketika saya masuk apa dampak dari semuanya ?

Bahkan, ini momentum masuknya mahasiswa atau mahasiswi baru atau biasa disebut (MABA) akan banyaknya brosur-brosur berhamburan untuk ajakan mari gabung di rumah kami, mari berproses bersama dalam wadah kami, serta banyaknya godaan manis yang diberikan oleh senior demi masuk dalam ranah tersebut.

Banyaknya warna, banyaknya bendera dalam seputaran kampus, kadang membuat MABA bingung tersendiri, haruskah saya masuk disalah satu itu? Dan ketika saya masuk apa dampak dari semuanya ?

Kadang itu sebuah pertanyaan-pertanyaan yang akan keluar, jika kita sadar akan hal itu.

Seharusnya dia harus ketahui terlebih dahulu sebelum masuk, jangan asal masuk begitu saja dengan iming-iming retorika dari senior.

Sebelum kita berlanjut apa sih pentingnya organisasi, terlebih dahulu saya menjelaskan bahwa organisasi adalah berkumpulnya dua orang atau lebih dengan sebuah tujuan yang sama dan terskruktur.

Bisa dikatakan, ketika kita sudah ada dua orang mempunyai tujuan yang jelas dan strukturnya ada maka sudah bisa dikatakan itu sebuah organisasi.

Kenapa sih organisasi itu sangat penting ?

Berorganisasi itu sangat penting, karena dimana pendapat-pendapat kita bisa dituangkan bersama untuk didiskusikan dengan mencapai sebuah kesepakatan bersama, didalamnya kita diajarkan problem dan bagaimana mencari rumusan masalanya.

Di dalam organisasi, kita bisa belajar sebagai seorang pemimpin dan terpimpin dan disini pula keterbatasan kemampuan kita bisa ditambah dengan banyaknya kepala untuk saling mengisi satu sama lain.

Dan hal yang paling menarik, banyaknya teman baru, banyaknya link, dan disini juga kita bisa mendapatkan kekuasaan dan pengawasan. Karena kenapa? setiap kita mendapatkan jabatan pasti akan ada laporan pertanggung jawabannya dan dewan pembina yang selalu memberikan sebuah arahan.

Jadi dalam berorganisasi, bisa dikatakan pola untuk kehidupan kedepannya karena hampir setiap apa yang kita lakukan dihari ini, itu juga menjadi rujukan di hari esok dan hampir semua ada dalam ranah organisasi.

Didalamnya banyak juga menerapkan mengenai 3 hal, yaitu senioritas, loyalitas dan solidaritas.

Menghargai orang pendahulu, sejauh mana pengabdian kita dalam berlembaga, dan saling bahu membahu dalam menyelesaikan permasalahan, dan menyelesaikan setiap target.

Bukankah dalam dunia kerja itu juga yang diterapkan ? Bukankah dalam rumah tangga itu juga diterapkan ?

Jadi ketika bertanya pentingkah berorganisasi, saya akan jawab sangat penting, karena didalamnya penunjang hidup kedepannya.

Aku, kamu dan mereka yang saling berbeda fikiran akan menjadi kita dalam sebuah kesepakatan untuk mencapai tujuan yang sudah digagas bersama.


Pengirim: (Agung Kurniawan - Fakultas Pertanian UNA)
Jangan lupa tekan tombol laik en share ya gaes. SHARE:

Baca Juga